Pantai Ngrumput: Pesona Pantai Tersembunyi Gunungkidul

Pantai Ngrumput hanyalah satu dari sekian gugus pantai pasir putih yang letaknya sedikit tersembunyi.

Tak dapat dimungkiri, Gunungkidul memang terkenal dengan wisata alamnya. Datarannya yang berbukit-bukit dengan bentang alam karst, turut menciptakan harmoni alami. Mulai dari gua-gua kapur, sungai bawah tanah, pegunungan purba hingga pantai pasir putih, semua menjadi suguhan utama untuk memuaskan para pengunjung, baik lokal maupun mancanegara.

Sebagai kabupaten terluas dengan jumlah penduduk yang relatif sedikit, Gunungkidul mengandalkan sektor pariwisata alam sebagai salah satu sumber perekonomiannya.

Kemungkinan adanya perusakan alam oleh tangan-tangan jahil manusia memang kecil, akan tetapi tetap saja dibutuhkan kerjasama antara masyarakat dan pemerintah daerah setempat. Selain menjaga keaslian alam melalui kearifan lokal, upaya ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan daya tarik pengunjung.

Devi Aprillia berpose di puncak Bukit Kosakora


Dari sekian banyak pantai-pantai populer di Gunungkidul, kini mulai bermunculan pantai-pantai baru yang membutuhkan usaha lebih untuk mencapainya. Misalnya saja Pantai Ngrumput. Pantai ini terletak di sebelah timur Pantai Drini. Bisa dibilang, lokasinya sedikit tersembunyi di belakang perbukitan kapur purba. Karena letaknya terhimpit oleh beberapa bukit, pantai ini menjadi terkesan eksklusif. Untuk mencapainya, pengunjung harus berjalan kaki selama lima belas menit dari kantong parkir terdekat.

Di pantai ini, pengunjung akan disambut oleh debur ombak dan hembusan angin laut yang menerpa wajah. Terlihat pula hamparan pasir putih halus yang bersih, belum terjamah sampah-sampah dari daratan. Selain itu, pengunjung juga bisa mencari bulu-bulu babi yang bersembunyi di balik bebatuan karang.

Agak jauh dari tepi pantai, terlihat lapak-lapak pedagang yang menyediakan aneka jajanan dan ruang bilas atau tempat berganti pakaian. Aneka produk makanan seperti mi instan, roti, dan minuman instan berjajar rapi di dalam etalase kaca. Para penjual dengan sigap melayani permintaan pengunjung yang datang. Tak lupa, di tengah pantai juga sudah terbentang sebuah jaring, diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin bermain bola voli.

Lanskap perbukitan ciri khas Gunungkidul


Puas bermain air, pengunjung juga dapat menikmati indahnya lembayung senja di Bukit Kosakora yang berada tepat di sebelah timur Pantai Ngrumput. Untuk mencapai puncaknya memang hanya butuh waktu selama lima menit saja. Hanya saja, mengingat rute pendakiannya sangat curam, tentu dibutuhkan perjuangan untuk bisa sampai ke atas. Namun, semua perjuangan itu akan terbayar ketika sepasang mata disuguhi pemandangan perbukitan hijau di utara, samudra biru di selatan dan jajaran pantai yang terlihat seperti garis lurus. Di puncak Kosakora inilah, pengunjung bisa bersantai sambil menyeruput kopi, menikmati sunset berlatar mercusuar Pantai Baron at malah sekadar tidur-tiduran manja di atas rerumputan.

Komentar